Panduan & Tatatertib Pelaksanaan UTS (Ujian Tengah Semester) Amikom

Contents

Jadwal Ujian Tengah Semester Melalui Dashboard Mahasiswa

  1.  Masuk ke Mhs Mahasiswa menggunakan alamat website “mhs.amikom.ac.id”
  2.  Kemudian sebelum ke dashboard mahasiswa kalian  diminta untuk Login terlebih dahulu dengan memasukkan alamat email dan password
  3.  Setelah itu pilih menu ujian, dan klik sub menu “Ujian Tengah Semester”
  4.  Pada menu Ujian Tengah Semester ini terdapat soal ujian, deadline pengumpulan, serta tempat pengumpulan jawaban

Pelaksanaan Ujian Online / Mandiri

Bagi mahasiswa semester awal, dari kalian apakah sudah tahu apa itu ujian online atau mandiri seperti apa?
Jadi Ujian Online atau Mandiri itu, melaksanakan ujian di rumah seperti waktu pandemi kemarin. Mahasiswa dapat mengerjakan ujiannya di rumah saja dengan deadline pengerjaan selama kurang lebih selama 2 minggu. Pengumpulan ujian tersebut biasanya melalui dashboard mahasiswa yang jadwal sudah ditetapkan oleh DAAK.

Download Soal Ujian
  1. Buka dashboard mahasiswa dengan login melalui alamat website “mhs.amikom.ac.id”
  2. Kemudian setelah login berhasil, kalian bisa masuk ke Ujan Tengah Semester
  3. Selanjutnya pada halaman Ujian Tengah Semester, kalian bisa unduh soal atau lembar ujian dengan klik nama mata kuliah yang berwarna biru
  4. Setelah itu tunggu beberapa saat proses download
Submit Jawaban Ujian

Setelah dari kalian mengerjakan soal UTS bisa langsung kalian upload melalui dashboard mahasiswa dengan cara berikut ini :

  1. Klik “Submit jawaban” terlebih dahulu
  2. Setelah masuk pada halaman Upload jawaban atau Submit Jawaban, silahkan masukkan file jawaban kalian dengan format pfd, doc, docx, xls, xlsx
  3. Selanjutnya isikan beberapa catatan terlebih dahulu
  4. Kemudian klik “Upload”

Tatatertib Ujian Offline / Dikelas

Peserta Ujian diwajibkan
  1. Mahasiswa wajib cetak KRS (Tidak Perlu di Tandatangani Dosen Wali)
  2. Harus membawa KRS (kartu ujian) dan Kartu Mahasiswa Digital di amikom one
  3. Kehadiran mahasiswa diinputkan oleh pengawas, Mahasiswa cek kehadiran di layar LCD depan Maksimal 15 menit setelah ujian dimulai, dan sebelum lcd dimatikan.
  4. Mengenakan pakaian rapi sopan, tidak diperkenankan mengenakan Kaos (T-Shirt) dan harus bersepatu (bukan sepatu sandal).
  5. Ketentuan Pakaian Senin – Kamis Pria : Hem, dan bercelana panjang (Tidak memakai assesoris yang tidak lazim). Wanita : Hem, bawahan rapi (Rok atau Celana panjang). (dilarang menggunakan pakaian model croptop/sejenisnya, atau yang menampakkan aurat/tidak sopan).
  6. Ketentuan Pakaian Jum’at – Sabtu : Formal / Batik / Koko
  7. Keterlambatan hadir di Ruang Ujian maksimal 15 menit, lebih dari waktu yang telah ditentukan peserta ujian tidak diperkenankan mengikuti ujian yang diselenggarakan pada waktu itu.
  8. Menempati kursi yang telah ditentukan (sesuai dengan nomor presensi).
  9. Mengisi identitas diri dengan lengkap pada lembar jawaban.
  10. Peserta Ujian diperkenankan meninggalkan Ruang Ujian setelah waktu Ujian berjalan 30 menit.
  11. Bagi yang sudah selesai, lembar jawaban diserahkan / dikumpulkan di meja Pengawas Ujian.
  12. Ujian yang sifatnya TUGAS batas waktu pengumpulan maksimal 30 menit, selebihnya tidak diterima.
  13. Pengawas/panitia berhak untuk menegur, memperingatkan dan mengeluarkan mahasiswa dari ruang ujian jika melanggar tata tertib pelaksanaan ujian.
Selama ujian berlangsung peserta ujian tidak diperkenankan :
  1. Bekerja sama antar peserta ujian.
  2. Pinjam meminjam buku, catatan dan alat tulis termasuk kalkulator.
  3. Membawa / menggunakan alat komunikasi (HP atau Gadget).
  4. Membawa / menggunakan Laptop.
  5. Makan, minum maupun merokok.
  6. Membawa barang selain alat tulis, kecuali atas ijin pengawas.
  7. Menggeser / memindahkan kursi, kecuali atas ijin pengawas.
  8. Meninggalkan ruangan tanpa seijin pengawas

Catatan : Pelanggaran terhadap hal tersebut diatas akan langsung dicatat dalam Berita Acara Ujian tanpa pemberitahuan.

Syarat dapat mengikuti Ujian Tengah Semester

Persyaratan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti ujian tengah semester semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yaitu

  1. Sudah melakukan pelunasan biaya kuliah semester ganjil 2022/2023 dan tunggakan pada semester sebelumnya.
  2. Atau Telah disetujui DISPENSASI pembayaran semester ganjil 2022/2023. Link Pengajuan Dispensasi https://bit.ly/DispensasiOnline

 

 

FAQ Ujian Amikom

Untuk persyaratan ujian KRS wajib diprint dan dibawa, Namun KRS tidak wajib untuk ditandatangani oleh dosen wali.

Foto KRS tidak muncul dikarenakan belum melakukan update foto pada profil di dashboard mahasiswa.

Silahkan buka mhs.amikom.ac.id kemudia update foto profil mahasiswa.

KTM Digital digunakan hanya jika di butuhkan saja, utamanya untuk peserta ujian yang foto di KRS tidak muncul.

tidak perlu dicetak cukup menunjukan di amikom one atau screenshoot atau yang telah di download saja.

Jadwal Ujian tidak muncul dikarena ada kendala dalam adminitrasi berkaitan pembayaran biaya kuliah, silakan menghubungi DPK (Keuangan)

Bagi pengguna IOS yang terkendala untuk install amikomone bisa mengisi form berikut ini KTM Digital IOS

setelah mengisi KTM digital akan dikirimkan via Whatsapp. (pastikan no wa sudah sama dengan yang ada di dashboard mahasiswa)

Tidak ada uts susulan

Untuk batas pengumpulan ujian online cek di menu UJIAN > Ujian Tengah Semester

Untuk saat ini update foto di Dashboard mahasiswa hanya bisa dilakukan satu kali. jika sebelumnya msih tidak sesuai misal belum menggunakan almamater jika untuk keperluan ujian bisa membawa KTM Digital jika dibutuhkan.